Ketua TP PKK Sulbar Dorong Penguatan Peran Keluarga Wujudkan Pelopor Anti Narkoba

Mamuju, Sulbarpost.com – Pj Ketua TP PKK Sulbar, Ny. Ninuk Triyanti Zudan mengikuti Workshop Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotorapika Berbasis Keluarga di Gedung Graha Sandeq Kompleks Kantor Gubernur Sulbar, Senin, 13 November 2023.

Pada kegiatan tersebut Ny Ninuk Triyanti Zudan mengatakan melalui kegiatan yang digelar dapat menjadi benteng pertama melakukan pencegahan terhadap berbagai bahan berbahaya yang dapat menyerang keluarga.

Ada tiga issu yang dibahas dalam kegiatan tersebut pertama yaitu penyalahgunaan narkoba dan psikotropika.

“Kita pahami di Indonesia termasuk Sulbar merupakan daerah dengan tingkat kewaspadaan narkoba, ini harus kita hindari karena narkoba tidak hanya merusak kesehatan tetapi juga merusak masa depan menjadi suram,” kata Ny Ninuk.

Ia mengatakan, peran keluarga sangat besar melakukan pencegahan terhadap berbagai bahan dan obat sehingga ia mengajak kepada seluruh peserta yang hadi agar bagaimana caranya menghindari narkoba dan psikotropika dengan menjadi duta muda anti narkoba.

“Selalu ingat bahwa narkoba berbahaya,” ucap Ninuk.

Selain itu, issu kedua yang dibahas dalam kegiatan tersebut adalah terkait penggunaan obat-obatan ilegal tidak sesuai petunjuk dokter.

“Ini bahaya sekali karena banyak sekali obat-obatan yang beredar daerah kita harus diantisipasi agar tidak masuk di tubuh kita,” kata Ninuk.

Tidak hanya itu, melalui kesempatan itu ia juga mengajak agar seluruh peserta dapat menekan angka stunting yang masih tinggi di Sulbar. Mengatasi masalah itu dibutuhkan kolaborasi dan kerja bersama seluruh pihak agar masalah stunting dapat diselesaikan.

Ia juga memaparkan, terkait bahaya stunting, sehingga ia mengajak keterlibatan seluruh peserta yang hadir dapat menjadi pelopor mengatasi masalah stunting di Sulbar.

“Sekarang Pemerintah Sulbar sudah menggalakkan ayo ke Posyandu dan sebelum hamil pada saat mau menikah usinya cukup pastikan menikah usianya cukup, tidak menikah usia muda,” ucap Ninuk. (rls/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *