Masuk Zona Hijau RSUD Raih Penghargaan Dari Ombudsman RI Motivasi Untuk Terus Tingkatkan Kualitas Layanan

MAMUJU, Sulbarpost.com- Provinsi Sulbar masuk zona hijau Layanan publik terbaik oleh Ombudsman Republik Indonesia (RI). Atas capaian itu RSUD ikut menerima penganugerahan penghargaan sebagai Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Provinsi Sulbar atas capaian sistem layanan publik terbaik tahun 2023.

Penyerahan penganugrahan itu diserahkan langsung oleh Kepala Ombudsman RI Mokhammad Najih dan Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh pada kegiatan penganugerahan predikat penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayan publik tingkat Provinsi Sulbar di Graha Sandeq kompleks kantor Gubernur, Jumat 2 Februari 2023.

 

RSUD Provinsi Sulbar mendapat kategori penilaian zona hijau atas opini pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik dengan nilai 84,35. Atas penilaian ini juga RSUD masuk sebagai lembaga pelayanan publik dengan capaian tinggi. Selain RSUD juga terdapat empat OPD lainnya yang juga mendapat penganugerahan tersebut.

 

Atas capaian itu Direktur RSUD Provinsi Sulbar dr Marintani Erna Dochri yang menerima langsung penganugerahan tersebut menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh jajaran pegawai dan staf di Rumah Sakit.

 

“Tidak hanya itu ini juga berkat hasil dari bimbingan dibawah kepemimpinan Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh, dan Sekertaris Daerah,” kata dr Erna.

 

Menurutnya, apa yang telah dicapai RSUD menjadi semangat dan semakin memberikan motivasi untuk terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

 

“Tentu kita akan terus berupaya dan berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan yang ada di Rumah Sakit,” ucap Erna.

 

Ombudsman memberikan predikat layanan terbaik kepada sejumlah OPD berdasarkan Indikator penilaian yang dilakukan Ombudsman, antara lain kompetensi penyelenggara, sarana prasarana ruang pelayanan, pengelolaan pengaduan, dan tanggapan pengguna layanan.

 

Atas hasil penilaian tersebut Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh kesempatan itu menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan tersebut. Menurutnya capaian itu menjadi pendorong agar kualitas pelayanan di seluruh layanan semakin ditingkatkan.

 

“Kami akan meningkatkan kualitas layanan di Sulbar. Dan yang kuning kita dorong agar masuk kategori hijau,” ucap Prof. Zudan.

 

Pj Gubernur juga menekankan agar beberapa hal yang perlu terus ditingkatkan dalam pelayanan, yakni SDM, sarana dan prasarana, layanan pengaduan, SOP, dan berbasis digital.

 

“Layanan pengaduan ini bukan hanya ada tetapi bagaimana merespon dan menyelesaikan aduan itu,” kata Prof. Zudan

 

Kesempatan itu juga Ketua Ombudsman RI, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih mengatakan, kehadirannya di Sulbar untuk memotivasi pemerintah daerah agar kedepan dapat lebih baik.

“Pemda yang belum memenuhi standar pelayanan terutama masih kuning kita mendorong agar seluruh unit layanan kembali melakukan evaluasi dan mencermati semua penyelenggaraan pelayanan,” tutupnya. (id/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *