Ketua DPRD Sulbar Bersama Bupati Mamuju Turut Hadiri Panen Raya di Kalukku

Mamuju, Sulbarpost.com -Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi melakukan Panen raya di kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, sebagai tanda bangkitnya kembali petani setelah musim kemarau di dipetengahan hingga akhir tahun 2023 lalu.

Selain panen raya di lokasi yang sama bupati juga menyerahkan bantuan pupuk cair kepada sejumlah kelompok tani , serta bantuan ternak sapi dan kambing ke tiga kelompok yakni satu kelompok di rapalang, satu kelompok di kalukku dan satu kelompok di kecamatan papalang.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat undangan dari petani untuk panen raya, setelah beberapa bulan lalu mereka mengalami dampak el Nino, musim kemarau panjang sehinga tidak dapat menanam, Semoga dengan panen ini petani kembali dapat keuntungan setelah gagal panen, ” Kata Sitti Sutinah Suhardi, Sabtu 20 April 2024.

Sutinah mengatakan dirinya mendapatkan laporan dari para petani jika dampak el Nino masi dirasakan para petani sawah lantaran hasil panen mereka pengalami penurunan dari biasanya 9 ton satu hektar kini hanya berkisar 6 sampai 7 ton per hektar.

“Meski menurun, tapi isya allah akan membaik kembali karena sudah memasuki musim hujan, pelan pelan saja, inikan baru penyesuaian, semoga panen berikutnya semakin meningkat. Apa lagi tadi kita baru menyerah bantuan pupuk cair, yang masing masing kelompok mendaptkan 40 liter, ” Tutur Sitti Sutinah Suhardi.

Bupati Mamuju menyampaikan juga, dengan adanya panen raya di kecamatan Kalukku diharapkan harga beras di pasaran yang sempat naik cukup tinggi bisa kembali stabil.

“Berdasarkan laporan, selain di Kalukku di beberapa kecamatan di Mamuju juga sudah mulai panen, ini diharapkan dapat menekan harga beras di pasaran yang sempat mengalami kenaikan,” Tehas Sutina. (rls/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *