Pj Majene Dorong Penataan Ruang dan Tata Kelola Pertanahan

MAJENE, Sulbarpost .com – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Majene, Habibi Azis melakukan penandatanganan berita acara sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) terhadap rencana konsolidasi tanah di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu, 16 Oktober 2024.

Penandatanganan berita acara ini pun menjadi tonggak penting dalam rangka penataan ruang dan tata kelola pertanahan yang lebih baik di seluruh wilayah Kabupaten Majene.

Dalam sambutannya, Habibi Azis mengungkapkan, konsolidasi tanah merupakan langkah strategis yang dapat mempercepat pembangunan daerah, meningkatkan efisiensi penggunaan lahan dan menghindari konflik kepemilikan yang kerap terjadi.

“Konsolidasi tanah adalah upaya yang sangat penting bagi pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Majene. Dengan adanya penataan yang tepat, kita dapat memastikan, bahwa lahan dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat, baik dalam pengembangan infrastruktur maupun peningkatan kesejahteraan ekonomi,” kata Habibi Azis.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulbar itu juga mengungkapkan, pentingnya sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam mendukung implementasi program konsolidasi tanah. Partisipasi aktif dari semua pihak, mulai dari pemilik lahan hingga tokoh masyarakat, akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan program itu.

“Kesuksesan konsolidasi tanah ini membutuhkan kerjasama yang erat antara pemerintah, masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan. Jika kita dapat bersatu dan bekerjasama, saya yakin Kabupaten Majene akan semakin maju dan berkembang,” ungkapnya.

Habibi Azis pun berharap, konsolidasi tanah mampu menciptakan tata ruang yang lebih efisien, mendukung pembangunan infrastruktur, serta membuka peluang investasi di berbagai sektor, termasuk pertanian, pariwisata dan industri.

“Kami, Pemda Majene berkomitmen, untuk terus mendorong program-program yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup masyarakat,” tutupnya .(Rls/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *