Seleksi Terbuka JPT Pratama Pemprov Sulbar Masuk Tahap Penulisan Makalah

Mamuju, Sulbarpost.com – Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemprov Sulbar mulai dilakukan.

Tiga OPD tersebut adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) memasuki tahapan penulisan makalah.

Penulisan makalah merupakan kelanjutan dari tahapan sebelumnya yaitu asesmen. 16 peserta mengikuti tahapan ini, di UPT BKN Mamuju, Sulbar, Selasa 28 Maret 2023.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengatakan, seleksi JPT Pratama dijalankan sesuai aturan yang berlaku.

“Pansel benar-benar berkomitmen dalam pencarian para leader dilakukan secara objektif,”kata Idris saat membuka tahapan itu.

Idris menjelaskan, dalam tahapan tersebut peserta diminta menyusun makalah, yang nantinya dapat dipertanggungjawabkan.

“Di tahapan ini peserta akan menyusun makalah/pokok pikiran yang akan dikerjakan apabila dipercaya sebagai kepala dinas. Bobot makalah itu 20 persen,”ungkapnya

Ia berharap, peserta seleksi JPT Pratama mengeluarkan kemanpuannya untuk menyampaikan kerangka pikir apa saja yang akan dilakukan dan diminta agar objektif.

Petunjuk penulisan makalah ditentukan oleh Pansel Pengisian JPT Pratama. Pertama, Tema berdasarkan masing-masing JPT Pratama yaitu, Peran dan Fungsi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam mendukung mengakselerasi pencapaian kinerja (visi dan misi) Provinsi Sulbar.

Peran dan Fungsi Dinas Tenaga Kerja dalam mendukung/mengakselerasi pencapaian kinerja (visi dan misi) Provinsi Sulbar. Peran dan Fungsi DPM-PTSP dalam mendukung/mengakselerasi pencapaian kinerja (visi dan misi) Provinsi Sulbar).

Kedua, aturan penulisan, diketik menggunakan komputer, ukuran kertas A4 spasi 1,5 dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 12 dan diselesaikan dalam waktu 120 menit. Untuk jumlah halaman makalah sesuai kebutuahan atau tidak dibatasi.

Diketahui, usai penulisan makalah, tahapan selanjutnya adalah wawancara yang akan dilaksanakan melalui App Zoom pada Rabu 29 Maret 2023. (Adv/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *