Meriahkan Peringatan Hari Anak Karang Taruna Sulbar Gelar Festival Anak

Polewali Mandar, Sulbarpost.com – Karang Taruna Provinsi Sulawesi Barat bekerja sama dengan Pusat Kajian Perempuan dan Anak Universitas Sulawesi Barat, Pemerintah Daerah Kabupaten Polewali Mandar, DPR RI komisi IX menyelenggarakan Festival Hari Anak Sulawesi Barat memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2023 di Ruang Pola Kantor Bupati Polewali Mandar, Minggu (23/7/2023).

Beberapa rangkaian kegiatan utama pada Festival Hari Anak Sulawesi Barat 2023 diantaranya Talkshow, Lomba Menyanyi, dan Workshop.

Di kegiatan Talkshow sendiri yang mengangkat tema Mitigasi Stunting, Semangat Muda untuk Sehat dan Bahagia, menghadirkan dr. Finianty Raynelda sebagai Dokter Ahli Kebidanan dan Kandungan, Najiba Alimuddin sebagai Duta Genre Sulbar menjadi pembicara dengan diikuti oleh seluruh perwakilan pengurus OSIS tingkat SMA sekabupaten Polewali Mandar di Aula Balitbangren Kabupaten Polewali Mandar.

Ketua Karang Taruna Provinsi Sulawesi Barat, Andi Ilham Rusali Masdar menjelaskan tujuan Talkshow pada Festival Hari Anak Sulawesi Barat adalah mitigasi stunting serta menggelorakan semangat muda untuk anak-anak kita agar dapat hidup sehat dan bahagia.

Sementara kita ketahui bersama bahwa Sulawesi Barat masih di angka tertinggi stunting.

“Target kita memang teman-teman dari tingkat SMA. Sebab merekalah juga yang nantinya menjadi orang tua. Maka dari itu, mereka sudah berhak dan wajib mendapatkan edukasi mengenai reproduksi dan juga stunting untuk kedepannya menjadi bagian dari penurunan angka stunting di Sulawesi Barat. Karena stunting tidak bisa diobati, hanya bisa dicegah,” ungkapnya

Andi Ilham Masdar dalam momentum ini pun mengatakan bahwa ini juga menjadi bagian dari kami untuk membantu program strategis pemerintah.

“Tugas kami dari pemuda, khususnya di Karang Taruna itu bagaimana caranya agar pemerintah tidak bekerja sendiri. Karena percuma juga pemerintah menganggarkan banyak program kalau tidak didukung oleh masyarakatnya,” ucapnya.

“Pemerintah tidak boleh kita biarkan sendiri. Kita mesti saling membantu dan mendukung. Agar lebih berdampak lebih luas lagi bagi masyarakat.” tambah Andi Ilham Masdar.

Di momentum ini juga, hadir pula Roslina selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Polman-Majene Provinsi Sulawesi Barat.

Karang Taruna Provinsi Sulawesi Barat turut menjadi wadah menginisiasi pembentukan Forum OSIS Polewali Mandar. Dengan terlebih dahulu telah mendapat dukungan penuh dari pihak dinas terkait.

Mengingat Forum OSIS sendiri skalanya nasional. Di provinsi dan kabupaten lain telah lebih dulu terbentuk.

“Karena di Polman ini Forum OSIS belum ada, kami bekerja sama dengan Dinas pendidikan dan kebudayaan berinsiatif untuk menginisiasi pembentukan forum ini. Juga ditambah dengan antusias dari perwakilan pengurus OSIS, akhirnya, hari ini dibentuk. Ini menjadi catatan sejarah pertama kali kita bentuk Forum OSIS di Polewali Mandar,” Ucap Andi Ilham Masdar.

“Dan harapan kita, semoga kedepannya forum OSIS ini dapat menjadi wadah bertukar gagasan dan mempererat silaturahmi serta membangun relasi sejak dini antar siswa dan siswi sekabupaten Polewali mandar,” tutupnya.(ask/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *